Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ads utama

Kalau PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja Sih?

Tepat tahun ajaran 2020/2021 saya lulus dari SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau sering disebut dengan TKJ.

Tentunya disaat kelas 2 SMK itu ada yang namanay praktik kerja lapangan atau PKL istilahnya, biasa juga disebut dengan Magang. Disini saya mau menceritakan pengalaman tentang PKL pas SMK dulu, jadi buat teman-teman jurusan TKJ yang mau PKL jadi ada gambaran.

Sebenarnya anak TKJ PKLnya ngapain aja sih, emang sulit atau endak pas PKL?.

Pengalaman PKL Jurusan TKJ Pas SMK Dulu



Waktu itu di Sekolah saya anak-anak yang kelas 2 semester 1 sudah mulai disuruh mencari tempat magang atau PKL. Kami sendiri sebelumnya akan dicarikan tempat atau instansi yang menerima PKL oleh pihak sekolah,

Tapi kalau mau mencari sendiri juga boleh.

Nah singkat cerita, saya dapat tempat PKL di Perusahaan Fiber Optic, yang namanay PT. CGS, kurang lebih tiap hari kerjaannya masang fiber optic, troubleshot jaringan dan sejenisnya.

Baca dulu: Tempat PKL Jurusan TKJ

Kesan Pertama Pas PKL

Nah kesan pertama pas masuk ke kantornya agak malu, karena belum tau apa-apa, tapi setelah berjalan beberapa hari suasanya sudah biasa saja. Sudah tidak canggung lagi, ditambah untuk awal-awal anak PKL itu akan diajarkan materi dasar tentang pekerjaan disana.

Misalnya mengenai Fiber optic dari dasar, cara menggunakannya, alat-alat yang digunakan, hingga proses pemasangannya.

Semua itu diajarkan oleh pihak perusahaan, sama halnya seperti di sekolah, pertama kita akan belajar terlebih dahulu, setelah dirasa bisa, pihak perusahaan akan mengajak terjun ke lapangan untuk belajar lebih lanjut.

Nah setiap hari seperti itu selama 6 Bulan, (tentunya ada liburan dan uang saku ya hihihi).

Membuat Laporan PKL

Setiap selesai melakukan PKL pasti siswa itu diminta untuk membuat laporan selama PKL, untuk menghindari kesulitan ada baiknya kamu catat pekerjaan atau apa saja yang kamu lakukan tiap harinya. 

Karena ini bisa dijadikan laporan, semisalnya belajar materi A, ya catata saja hari ini belajar materi A, dan seterusnya.

Pulang Ikut Jam Kantor

Ya mau pulang atau liburannya kita akan ikut jadwal kantor, semisal kerja 5 hari ya kita ikut masuk selama 5 hari kerja. Begitu juga jam masuk kantor dan pulangnnya itu semua sama saja, walau kita anak PKL.

Tapi mungkin dibeberapa tempat PKL jurusan TKJ lainnya akan berbeda, tergantung kebijakan perusahaan aja sih. Yang ini kebetulan saja saya dapat yang PT, jadinya harus profesional.

Membantu Pekerjaan Senior Kantor

Jadi di kantor itu kita emang sudah dianggap profesional, jadi semisal ada pekerjaan itu kita harus bisa menyelesaikannya, minimal sih bisa buat laporan, print, atau membantu kerjaan ringan dari senior atau orang kantor.

Semua Kegiatan dan Sikap Kita Dinilai

Yap.. Semua nya akan dinilai dan akan ditaruh pada sertifikat PKL, jadi usahakan bersikap baik, dan ramah kapan saja dimana saja.

Ini akan menjadi nilai plus ketika mendapatkan sertifikat PKL nantinya.

Penutup

Ya intinya pas PKL itu enak banget, banyak pengalaman, karena keseringan ikut senior keluar lapangan jadinya bisa keliling kota, bisa nambah teman baru, bisa tau cara negosiasi sama client dan sejenisnya.

1 komentar untuk "Kalau PKL Jurusan TKJ Ngapain Aja Sih?"