Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Softswitch dan Bagaimana Cara Kerja Softswitch

Seberapa seringkah kamu menelpon menggunakan WhatsApp, Telegram, atau Aplikasi lain yang sejenis? Nah, aplikasi – aplikasi tersebut menggunakan sistem VoIP sebagai teknologi untuk melakukan panggilannya.

Untuk menjalankan sistem VoIP ini, diperlukan beberapa komponen yaitu protokol, server, softswitch, softphone, dan gateway.

Kali ini saya akan membahas salah satu dari komponen dari sistem VoIP yaitu Softswitch. Tapi sebelum itu kita perlu tau terlebih dahulu mengenai softswitch itu sendiri.

Apa itu Softswitch?


Softwitch merupakan sebuah perangkat dalam jaringan telepon dan memiliki banyak komponen didalamnya.

Softswitch ini dikontrol oleh Call Agent yang mengirim informasi ke Gateway, seperti Media Gateway, Access Gateway, Access Gateway Control Function atau Signaling Gateway.

Gateway ini berinteraksi dengan PSTN dan dengan Jaringan IP. Nah dari situlah softswitch membuat sistem VoIP ini memungkinkan.

Selain itu, softswitch juga berfungsi sebagai penghubung antara jaringan telepon fixed line (PSTN), TV Kabel via IP (IPTV), jaringan internet, dan juga jaringan seluler yang sudah ada.

Softswitch untuk VoIP ini dibagi menjadi sistem Class 4 dan Class 5.

Softswitch yang digunakan untuk transit lalu lintas VoIP antara carriers biasanya masuk ke kategori Softswitch Class 4.

Fungsi utama dari Softswitch Class 4 adalah untuk merutekan sambungan telepon VoIP jarak jauh dalam skala besar.

Karakteristik utama sistem Softswitch Class 4 adalah dukungan protokol, konversi, transkode, jumlah panggilan per detik, rata-rata waktu rute untuk satu panggilan, dan jumlah panggilan yang dilakukan secara bersamaan.

Sedangkan untuk Softswitch dengan sistem Class 5 ditujukan untuk melayani pelanggan.

Softswitch dengan Class 5 memiliki layanan atau fitur tambahan untuk pengguna biasa ataupun pengguna korporat seperti fitur IP PBX, layanan call center, platform kartu telepon, beragam jenis otorisasi, Quality of Service (QoS), Business Groups, dan lain lain.

Baca juga: Cara blokir situs website melalui mikrotik

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebuah VoIP Softswitch berinteraksi dengan Softswitch yang lain. Didalam internet, sebuah VoIP softswitch ketika diperintahkan untuk membuat panggilan akan melihat terlebih dahulu alamat IP penerima di dalam database. 

Jika tidak ditemukan, perintah panggilan tersebut akan diteruskan ke Softswitch lain sampai menemukan alamat IP atau alamat SIP atau meneruskan panggilan tersebut ke jaringan PSTN.

Oke itu tadi artikel tentang Apa itu Softswitch dan bagaimana cara kerjanya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa kembali!

bimol7
bimol7 Saya blogger

Posting Komentar untuk "Apa itu Softswitch dan Bagaimana Cara Kerja Softswitch"