Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ads utama

MENU-MENU PADA PHOTOSHOP CS6


PENGENALAN MENU & ICON PADA PHOTOSHOP CS6

Photoshop adalah salah satu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mengolah gambar atau editing gambar. 

Untuk kamu yang masih pemula, tentunya penasaran banget kan, menu dan icon apa aja yang ada di dalam Photoshop khususnya CS6. 

Sebenarnya menu-menu atau fitur yang ada di dalam Photoshop CS 6 tidak berbeda jauh dengan Photoshop yang lainnya. Untuk lebih lanjutnya mari kita simak bersama.

Yang pertama adalah, kamu bisa langsung buka aplikasi Photoshop CS6 yang ada di laptop/PC kamu. Kemudian akan muncul halaman jendela Photoshop seperti dibawah ini.
 
Tampilan jendela Photoshop

Untuk membuka lembar kerja seperti dibawah ini kamu cukup klik CTRL+N kemudian OK.
Bagian-bagian pada Photoshop

Baik, mari kita mulai untuk membahas menu-menu apa saja yang ada di Photoshop, berikut penjelaasannya. 

1. Menu Bar 






Merupakan baris menu atau fasilitas default yang ada di program photoshop. Menu-menu ini nantinya akan bisa mempermudah kita untuk membuka file, mengolah gambar, memberi effect, menampilkan icon, dll. 

Adapun menu yang ada di Menu Bar yakni, File, Edit, Image, Layer, Type, Select, Filter, 3D, View, Window, Help. Dimana menu-menu itu nanti akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. Dan kita fokus pada materi menu-menu yang ada diluarnya dulu.



2. Panel Control


Menu yang didalamnya terdapat berbagai tools-tools atau tombol perintah. Untuk mengatur gambar atau mengolah gambar dengan mudah, dan lebih leluasa dalam penggunaannya. 

Pada panel ini menyesuaikan dengan tools yang kita pilih di menu Panel Tools, seperti dibawah ini.


3.Panel Tools.



Panel ini merupakan panel yang berisi icon-icon tools atau tombol perintah yang digunakan untuk mengolah gambar. Panel ini yang nantinya akan sering digunakan baik untuk menyeleksi, memberi warna dan membuat shape. Panel Tools bisa dikatakan adalah bagian terpenting dari Photoshop.


4. Panel Color

Panel Color berfungsi sebagai panel yang digunakan untuk memilih warna baik Foreground atau Background, dengan cara menggeser slider warna R,G,B sampai menghasilkan warna yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Kamu juga bisa memilih warna dengan angka, caranya ketik saja angka yang kamu inginkan pada kotak RGB. Kemudian lihat perubahan warna apa yang ada.


 


5. Panel Adjustments  

Panel ini berfungsi untuk mengatur pencahayaan seperti efek, mengatur sisi gelap terang, mengatur kontras cahaya sesuai dengan yang diinginkan, mengatur warna gambar dan sebagainya. 

Disini terdapat menu Brightness/Contrast, Levels, Curves, Exposures, Vibrance, Hue/Saturation, Color Balance, Black and White, Photo Filter, Channel Mixer, Color Lookup, Posterize, Treshold, Selective Color, Gradient Map.


6. Panel Layer

Berfungsi untuk mengatur layer yang ada di dalam ruang kerja, kamu dapat menambahkan layer baru ataupun menghapus layer. Jika ingin menambah layer click Ctrl+Shift+N, jika ingin menghapus klik Delete atau bisa drag and drop ke icon tempat sampah yang ada di pojok kanan bawah.
 

7. Nama File yang sedang aktif




Berfungsi untuk mengetahui nama file apa yang sedang aktif dihalaman jendela Photoshop. Disana juga tertera ukuran zoom dan color modenya apa, disana tertera bahwa color modenya adalah RGB. Kamu juga dapat memilih color mode sesuai selera yaitu dengn cara klik Ctrl+N, kemudian pilih yang ada dibawah ini.

8. Horizontal Ruler & Vertical Ruler

Ini merupakan penggaris yang ada di sebelah atas dan sebelah kiri pada lembar kerja. Kamu dapat menggunakan penggaris untuk mengatur posisi objek atau gambar agar terlihat proporsionalitas. 
Dengan cara klik penggaris kemudian bawa ke arah lembar kerja.


9. Layar Kontrol

Berfungsi sebagai pengontrol layer pada program Photoshop, terdapat icon minimize, maximize/restore, dan close. Minimize berfungsi untuk mengecilkan layar, maximize untuk melebarkan layar, restore untuk mengembalikan layar seperti sebelumnya, dan close untuk menutup program.



10. Ukuran Zoom & Ukuran File

Berikut adalah gambar atau keterangan yang ada di pojok kiri bawah di halaman kerja Photoshop. Disini kamu bisa tau, seberapa besar kamu meng-zoom gambar pada lembar kerja. Dan berapa ukuran file pada lembar kerja yang sedang kamu gunakan.


11. Lembar Kerja

Yang tak kalah pentingnya dalam program Photoshop ini adalah Lembar Kerja, dimana kita dapat bekerja secara leluasa. Disini nantinya kamu dapat meletakkan berbagai karakter bentuk, gambar, efek-efek dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada artinya jika kamu menggunakan tool-tool yang lainnya tetapi tidak ada lembar kerja. Untuk membuat lembar kerja yaitu, Ctrl+N.




12. Auto Show Icon


Icon-icon yang ada di bawah ini bisa dianggap sebagai jalan pintasnya, jadi menu ini dapat dihilangkan atau ditambahkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Untuk menghapus icon caranya klik kanan pada icon yang dipilih->Close. Tapi jika ingin menambahkan icon, klik menu Window->pilih menu apa yang ingin kamu tampilkan kemudian icon yang dipilih akan tampil dihalaman sebelah kanan.




Sekian dan terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Ingin tau lebih lanjut mengenai penggunaan dari tool-tool yang ada diphotoshop ? Akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "MENU-MENU PADA PHOTOSHOP CS6"