Materi Fiber Optic Jaringan untuk Jurusan TKJ

Materi fiber optic ini sebelumnya sudah dipelajari di sekolah, namun tidak selesai, dikarenakan harus segera melakukan PKL jurusan tkj saya. Artikel ini saya buat untuk melanjutkan artikel sebelumnya, yakni mengenai info tempat pkl jurusan tkj di bali.

rasmakom

Baca juga: Tempat pkl jurusan TKJ di Bali

Fiber optic merupakan salah satu media transmisi yang saat ini digunakan sangat banyak oleh pihak ISP. Anggap saja si Telkom, Indosat, Biznet, dll. Fiber optic digunakan karena banyak manfaatnya, bahkan sedikit lebih baik dari kabel lainnya untuk saat ini.

Namun, walau dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh fiber optic, juga ada sisi kelemahannya yang harus kita ketahui juga. Di bawah akan saya jelaskan sedetail mungkin sesuai dengan pengalaman belajar di tempat PKL saya :).

Apa Itu Fiber Optic

materi fiber optic


Pengertian Fiber optic merupakan kabel yang berbahan dasar serat kaca (optic), yang digunakan untuk menjadi media transimisi jaringan Internet. Ukuran fiber optic itu lumayan besar dari semua komponennya, namun untuk intinya (core) itu sangat kecil sekali, bahkan nyaris gak keliatan dari jarak 10cm+.

Saat ini fiber optic sangat banyak digunakan, karena kemampuannya membawa bandwidth dengan ukuran besar tidak dapat diragukan lagi. Dibanding dengan kabel lain, fiber optic ini bisa dikatakan rajanya kabel transmisi ya untuk saat ini hehe :).

Baca juga: Pengertian dan Contoh Freeware


Bagian Bagian dari Kabel Fiber Optic


1. Core atau Bagian Inti Kabel Fiber optic, yang berbahan dasar dari serat kaca, nantinya core inilah yang akan melakukan transmisi data ke perangkat jaringan.

2. Cladding atau bagian pembungkus core, saya katakan bentuk dan teksturnya sedikit mirip dengan pipet. Dimana sebelum core di sambungkan/plesing maka perlu dikupas terlebih dahulu bagian ini.

3. Outer jacket atau kabel hitam yang membungkus bagian-bagian lain dari fiber optic ini, yang bergungsi untuk melindungi fiber optic.

Warna Warna Kabel Fiber Optic


Untuk saat ini fiber optic memiliki 12 warna yang umum digunakan untuk jaringan, diantara warna tersebut adalah:


  1. Biru
  2. Orange
  3. Hijau
  4. Coklat
  5. Abu-abu
  6. Putih
  7. Merah
  8. Hitam
  9. Kuning
  10. Ungu
  11. Pink
  12. Tosca

Dari ke dua belas warna core fiber optic tidak ada bedanya dalam fungsinya, hanya saja digunakan untuk membedakan penggunaanya saja. Misalnya untuk jaringan fttx di lokasi 1 pakai core biru, di lokasi b pakai core orange. Biar gak bingung aja, tapi fungsinya tetep sama kok :).

Untuk lebih mudah menghafalnya, kita ingat saja huruf depannya, BOHCAPMEHIKUPTO.

Kelebihan dari Fiber Optic



  1. Memiliki daya transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kabel lainnya.
  2. Jarak transmisi kabel sangat jauh bisa berkilo-kolo meter, beda dengan UTP hanya maksimal 100m.
  3. Fiber optic tidak mengandung aliran listrik, jadi sedikit lebih aman dari kesetrum.


Kekurangan fiber optic



  1. Biaya instalasi dari kabel Fiber optic lebih mahal dibandingkan dengan kabel lainnya.
  2. Pemasangan kabel fiber optic harus dengan kehati-hatian.


Alat-alat yang digunakan untuk fiber optic


Fusion Splicer

Alat ini berfungsi untuk menyambungkan ujung core dari fiber optic, dimana penggunaan alat ini untuk keperluan instalasi dan troubelshot.

Stripper

Alat ini berbentuk seperti gunting, tapi lebih besar, yang memiliki fungsi untuk mengupas bagian pelindung dari core fiber optic.

Cleaver

Setelah fiber optic dikupas, maka perlulah kita gunakan Cleaver ini untuk membuat potongan core fiber rapi, agar saat di sambung tidak gagal.

Optical Power Meter

Alat ini berfungsi untuk mengetes sinyal dari kabel fiber optic yang telah di pasang.

Optical Time Domain Reflectometer (OTDR)

Penggunaan alat ini sangat beragam, salah satunya adalah untuk mengecek pada meter ke berapa kabel terjadi rusak atau putus. Jadi alat ini untuk mengecek kondisi kabel yang rusak dengan memancarkan laser.

Sedikit bocoran buat anak-anak TKJ yang PKL di ISP khususnya fiber optic, biasanya sebelum selesai PKL akan diminta presentasi materi Fiber optic ini. Jadi bisalah dari sekarang di pelajari :).


Nah mungkin sekian materi fiber optic pada artikel ini, semoga dapat bermanfaat.