Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ads utama

Info Tempat PKL atau Magang Jurusan TKJ

Pada saat berada di kelas XI atau XII, seorang siswa biasanya akan diminta oleh pihak sekolah untuk melakukan PKL atau Magang. Tempat PkLdan Magang itu beragam, tergantung dari jurusan yang di pilih oleh siswa yang bersangkutan.

Pada artikel ini saya khususkan untuk menuliskan informasi mengenai tempat pkl atau magang untuk jurusan TKJ. Jurusan TKJ sendiri merupakan jurusan yang mulitalent, sebab di sekolah kita tidak hanya belajar komputer dan jaringan saja, melainkan bisa meluas ke Pemasaran/ Marketing.

Seperti apa yang saya alami di sekolah, saya belajar banyak sekali mengenai Internet Marketing yang diawali pemberian tugas dari Guru. Kala itu guru saya menugaskan untuk membuat sebuah web localhost, dan tak sengaja ketemu dengan website membahas marketing di dalam website. Jadinya sampai saat ni saya tertarik dalam bidang tersebut.

Tidak berhenti sampai disana juga, di tempat pkl saya jurusan TKJ, saya juga belajar banyak hal, mulai dari tim work, kedisiplinan, dan tanggung jawab kerja. Sehingga ketika kita benar-benar bekerja nanti, sudah memiliki pengalaman, ya setidaknya taulah beberapa hal yang harus di ikuti.

Ketika awal pengumuman bahwa kelas XI akan diadakan PKL atau magang, saya bingung karena belum ada skil untuk terjun ke Industri (DUDI). Begitu juga dengan pihak kepala program tkj, tapi apa daya kalau memang harus dilaksanakan program magang ini.

Selang lama memikirkan ini, saya selalu menyerahkan urusan ini kepada Allah, karena saya sadar bahwa tidak mampu menghadapi ini sendiri. Tak lupa doa dan usaha saya lakukan, hingga pada akhirnya saya di tempatkan untuk PKL di ISP, khususnya Fiber Optic.

Nama perusahaannya adalah PT. Cendikia Global Solusi, pada tahun itu (2018-2019) saya melaksanakan PKL disana. Dengan harapan bisa ikut serta dalam bekerja sama di perusahaan tersebut.

Baca Juga:




Ada juga teman saya yang lain melakukan PKL di toko komputer, memang berbeda dengan yang pkl di ISP. Jika di toko komputer, siswa pkl hanya akan mendapatkan pengalaman bongkar pasang, install ulang perangkat komputer saja. Sedangkan di ISP bisa jadi kita akan mendapatkan 2 pengalaman yaitu tentang jaringan dan Komputer sekaligus.

Tempat PKL Jurusan TKJ


Sebenarnya dengan membaca secara seksama curhatan saya diaas :), kamu sudah tau dimana saja tempat pkl atau magang anak tkj. Yaitu toko komputer pada umumnya, dan terlebih lagi bisa di ISP.

1. ISP (Internet Service Provider)

tempat pkl jurusan tkj
saat melakukan troubleshot FO.



Untuk PKL di ISP biasanya akan dipilih siswa yang memang memiliki minat dan kompeten di bidang tersebut. Tidak semua siswa akan di ijinkan oleh guru untuk pkl di ISP. Karena kita tau, di dalam kelas itu ada siswa yang (maaf) kurang suka belajar, dan ada siswa yang gemar belajar.

Biasanya guru program kejuruan, akan memilihkan tempat pkl/ posisi magang siswa sesuai dengan kemampuan, dan minat. Serta akan di taruh dengan kelompok, yang terdiri sekurangnya 1 kelompok 2 orang dalam 1 Instansi.

Contoh tempat PKL TKJ ISP


Telkom. 

Secara umum, ISP yang sangat ramai di sekililing kita adalah telkom, biasanya telkom menerima siswa pkl hingga 4 orang, tergantung sih dengan kebutuhannya mereka. Selain telkom ada juga ISP yang lokal, misalnya seperti CGS tempat saya PKL. Ada Biznet, dan lainnya.

2. Toko Komputer


Tempat PKL atau Magang Jurusan TKJ


Di dalam Toko Komputer siswa yang PKL biasanya awalnya hanya di minta untuk memperhatikan seniornya dalam bekerja. Berkelanjutan siswa akan di minta untuk melakukan service secara sendirian, namun tetap di awasi oleh senior. Ada juga siswa yang diminta untuk menjadi seles, atau bagian yang menerima orderan komputer atau aksesoris komputer.

Biasanya anak pkl itu gak di paksakan untuk bekerja kok, hanya saja anak pkl diminta untuk mampu mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya saat berada di tempat PKL.

3. Di Sekolah


Tempat PKL atau Magang Jurusan TKJ


Selain pkl di ISP dan Toko Komputer, biasanya ada juga siswa yang PKl di sekolahnya, karena di seklah tersebut ada sebuah lab komputer. Dimana bisa juga dimanfaatkan untuk siswa melakukan magang.

Seperti beberapa teman saya disini, juga melakukan magang di sekolah, kerjanya sama dengan yang di toko komputer, dan di ISP. Yaitu merawat Komputer, contohnya install aplikasi Exam saat mau ujian, install ulang windows. Dan membuat jaringan local area network.

Update: Tempat Pkl Jurusan TKJ di Bali

Kesimpulan Tempat PKL Jurusan TKJ.


Kesimpulannya adalah, dimanapun kita PKL baik itu ISP maupun Toko Komputer, kita diharapkan untuk mampu mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Yang dimana, kemudian hari, kita bisa mempraktikannya di dalam pembelajaran di sekolah.

Itulah sedikit informasi mengenai tempat magang jurusan tkj semoga bermanfaat.


3 komentar untuk "Info Tempat PKL atau Magang Jurusan TKJ"