Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ads utama

Cara Memasang Embed Video Youtube di Dalam Blog

Ketika kita menulis artikel di blog, ada baiknya juga kita menyisipkan sebuah video pendukung di dalam artikel tersebut. Dimana video yang kita masukan ini sangat berguna untuk memberikan nilai tambah dari informasi yang kita tuliskan. Selain itu memberikan video juga akan mempermudah pembaca untuk memahami isi dari artikel yang kita buat.

cara memasang video di artikel blog


Untuk menambahkan sebuah video di blog kita bisa saja langsung memasukan format video.mp4 ke dalam blog. Namun apa yang terjadi jika kita masukan video secara langsung loading blog menjadi berat. Bisa-bisa pengunjung blog gak jadi deh ngunjungi blog kita.

Untuk mengatasi hal itu, kita dapat mengakalinya dengan memasang sebuah embed video dari youtube ke dalam artikel blog. Embed merupakan sekumpulan shortcode dari sebuah konten yang ada di Internet. Kita dapat memanfaatkan shortcode embed ini untuk memasang sebuah video tanpa harus membebani loading blog kita.

Anggap saja kita ingin memasang video cara memasang embed video di blog, nah videonya pertama kita harus upload ke youtube. Lalu kita ambil shortcodenya untuk kemudian kita sisipkan ke artikel kita dengan masuk ke penulisan HTML saat menulis artikel.

Secara umum embed video dari youtube itu seperti ini:

<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/u5Pyos3pB-k" frameborder="0" allow="accelerometer; autoplay; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture" allowfullscreen></iframe>

Berupa iframe yang berisikan serangkaikan kode untuk memanggil function dari video youtube itu sendiri, agar dapat di putar di blog kita. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan kode embed video di youtube?.

Baca juga:





Memasang embed video youtube di blog


Pertama kita cari terlebih dahulu video di youtube yang ingin di pasang di blog kita

Klik tombol share atau bagikan, lalu klik icon <> untuk mendapatkan embed video youtubenya. Lantas copy kode yang diberikan lalu masukan di artikel blog kita.

cara memasang video di postingan blog


Untuk memfungsikan kode tersebut perlulah kita rubah terlebih dahulu dari penulisan Compose ke Html pada blog.

cara memasang video di postingan blog



Contoh embed video dari youtube :

Gimana, mudahkan cara memasang embed youtube di blog kita, jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Embed Video Youtube di Dalam Blog"