Pengertian Shared Hosting: Kekurangan dan Kelebihan Shared Hosting

advertise here
pengertian shared hosting. Pengenalan web hosting memang sangat perlu dilakukan, apalagi bagi siswa yang bergelut dengan jurusan IT. Pastilah web hosting harus diketahui, sebab banyak peluang yang dapat di peroleh dengan mendalami ilmu web server ini.

pengertian shared hosting


Salah satunya adalah penjualan hosting, hosting sendiri merupakan ruang untuk menyimpan data berharga sebuah website di Internet. Hosting sendiri banyak jenisnya, ada Shared hosting, Dedicated Hosting, Cloud hosting, VPS, dan Dedicated server.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi mengenai apa itu shared hosting.

Pengertian Shared Hosting


Shared hosting merupakan tipe hosting skala kecil di mana user web hosting hanya dapat melakukan setting layout dan konfigurasi tampilan web. Dan konfigurasi control panel dilakukan sepenuhnya oleh administrator web hosting.

Pengguna web hosting tidak bersinggungan langsung dengan sistem web, web panel, konfigurasi keamanan server, dan jenis sistem operasi server. Pada umumnya, perusahaan penyedia jasa shared hosting memiliki server dengan spesifikasi hardware yang sangat tinggi.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan space hard disk kepada para penggunanya, tanpa melibatkan mereka secara langsung dalam konfigurasinya. Jenis ini ada yang bersifat gratis maupun berbayar, seoerti blogger.com, 000webhost.com dan wordpress.com

Kelebihan share hosting:

Shared hosting memiliki kelebihan dari segi biaya, karena dia share maka hosting ini jauh lebih murah dibanding VPS. Dan cocok digunakan untuk pemula dalam belajar penggunaan hosting.

Kekurangan dari Shared Hosting:

Kekurangan dari tipe share hosting adalah keterbatasan manajemen hosting, yaitu seperti sering muncul iklan-iklan aneh dan terkadang speed agak lambat.

Nah demikianlah pengertian dari shared hosting, berserta kelebihan dan kekurangan dari share hosting.