Apa itu LAN? Pengertian, Sejarah, Karakteristik dan Jenis LAN

advertise here
Pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit referensi mengenai pengertian lan.

pengertian lan



LAN adalah singkatan dari local area network atau jaringan area lokal. LAN adalah sekelompok komputer dan perangkat yang berada di lokasi tertentu. Perangkat terhubung ke LAN dengan kabel Ethernet atau melalui Wi-Fi.  

Rumah Anda mungkin memiliki LAN. Jika PC, tablet, TV pintar, dan printer nirkabel Anda terhubung melalui Wi-Fi Anda, perangkat yang terhubung ini adalah bagian dari LAN Anda. Hanya perangkat yang Anda otorisasi yang memiliki akses ke LAN Anda.

Sejarah Singkat LAN


LAN pertama kali digunakan oleh perguruan tinggi dan universitas pada 1960-an. Jaringan komputer ini digunakan untuk katalog koleksi perpustakaan, jadwal kelas, catatan nilai siswa, dan berbagi sumber daya peralatan.

  
Sebelumnya LAN tidak populer seperti sekarang ini  sebelum pada akhirnya Xerox PARC mengembangkan Ethernet pada tahun 1976. 

Chase Manhattan Bank di New York adalah penggunaan komersial pertama dari teknologi baru ini. Pada awal 1980-an, banyak bisnis memiliki jaringan internet (intranet) yang terdiri dari ratusan komputer yang berbagi printer dan penyimpanan file di satu situs. 

Setelah merilis Ethernet, perusahaan seperti Novell dan Microsoft mengembangkan produk perangkat lunak untuk mengelola jaringan LAN Ethernet ini. Seiring waktu, alat jaringan ini menjadi bagian dari sistem operasi komputer yang populer. Microsoft Windows 10 memiliki alat untuk mengatur jaringan rumah.

Karakteristik LAN


LAN tersedia dalam berbagai ukuran. Sekelompok perangkat yang terhubung melalui koneksi internet rumah adalah LAN. Usaha kecil memiliki LAN yang menghubungkan selusin atau seratus komputer dengan printer dan penyimpanan file. LAN terbesar dikendalikan oleh server yang menyimpan file, berbagi data antar perangkat, dan mengarahkan file ke printer dan pemindai.


LAN berbeda dari jenis jaringan komputer lain (seperti internet) karena perangkat yang terhubung ke LAN berada di gedung yang sama seperti rumah, sekolah, atau kantor. Komputer, printer, pemindai, dan perangkat lain ini terhubung ke router dengan kabel Ethernet atau melalui router nirkabel dan titik akses Wi-Fi. Beberapa LAN dapat dihubungkan melalui saluran telepon atau gelombang radio.

Ada dua jenis LAN: LAN klien / server dan LAN peer-to-peer.


Klien / Server LAN terdiri dari beberapa perangkat (klien) yang terhubung ke server pusat. Server mengelola penyimpanan file, akses printer, dan lalu lintas jaringan. Klien dapat berupa komputer pribadi, tablet, atau perangkat lain yang menjalankan aplikasi. Klien terhubung ke server baik dengan kabel atau melalui koneksi nirkabel.

Peer-to-Peer LAN tidak memiliki server pusat dan tidak dapat menangani beban kerja yang berat seperti LAN klien / server. Pada LAN peer-to-peer, setiap komputer pribadi dan perangkat berbagi secara merata dalam menjalankan jaringan. Perangkat berbagi sumber daya dan data melalui koneksi kabel atau nirkabel ke router. Sebagian besar jaringan rumah adalah peer-to-peer.

Cara Menggunakan LAN di Rumah


LAN rumah adalah cara yang bagus untuk membuat koneksi antara setiap perangkat di rumah Anda termasuk PC, laptop, tablet, smartphone, printer, mesin faks, dan perangkat game. Ketika perangkat Anda terhubung ke Wi-Fi Anda, Anda dapat berbagi file secara pribadi dengan anggota keluarga, mencetak secara nirkabel dari perangkat apa pun, dan mengakses data pada perangkat lain yang terhubung.


LAN rumah juga dapat diperluas untuk mencakup sistem keamanan rumah, TV pintar, kontrol lingkungan rumah, dan perangkat dapur pintar. Ketika sistem ini ditambahkan ke LAN, setiap sistem dapat dikontrol dari perangkat dan lokasi di rumah.

Gambaran dari lan sederhana:
pengertian lan

Nah demikianlah mengenai pengertian, sejarah, karakteristik dan jenis dari lan.

referensi:

https://www.lifewire.com/what-is-lan-4684071